Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Simulasi Entrepreneurship di halaman Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari ini (28-30/12), diikuti oleh seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2009. Acara ini dilaksanakan guna menerapkan teori mata kuliah yang telah diberikan selama satu semester.
Elok Failasufah, salah satu mahasiswi yang terlibat dalam Simulasi Entrepreneurship ini mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangatlah penting untuk melatih mental mahasiswa dalam berwirausaha. Dengan kegiatan tersebut, mahsiswa dapat berlatih secara langsung praktek wirausaha dengan modal yang sangat minim. Menurut Elok, dengan kegiatan tersebut ia dapat berlatih menerapkan salles promotion(promosi penjualan) yang baik untuk memikat konsumen membeli dagangan yang ia jajakan. “ Dengan menggunakan strategi promosi yang baik, hasil yang dicapai sangatlah memuaskan”. Tuturnya.
Menurut Drs. Siantari Rihartono, M. Si, pengampu mata kuliah Entrepreneurship, alasan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk mengaplikasikan teori dan melatih mental mahasiswa dalam berkreasi dengan modal yang kecil. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat memancing inspirasi mahasiswa dalam melaksanakan praktek bisnis yang sesungguhnya. “mahasiswa bisa melaksanakan praktek bisnis dan membuat rencana bisnis mulai dari pra-pelaksanaan, pelaksanaan, krisis, serta evaluasi dan solusinya,” ujar Siantari.
Siantari menambahkan, kegiatan Simulasi Entrepreneurship ini sangat mendukung proses belajar mahasiswa secara real dilapangan. Ia berharap mahasiswa dapat terus melanjutkan bisnis yang mereka lakukan saat ini sehingga nantinya dapat menjadi jembatan dalam meraih kesuksesan. “ Seandainya pun mahasiswa tidak tertarik menjadi wirausaha, saya sangat berharap kedepannya mereka memiliki jiwa wirausaha,” Tutupnya.
Media Relations PRO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar