Visi :
Kreatif, Professional
Keunggulan Prodi Ilmu Komunikasi dibanding dengan Prodi yang lain :
1. Akreditasi paling baik "B"
2. Mendapat predikat Lulus Tercepat dan Terbaik selama 2 periode Wisuda
1. Standar Kompetensi Lulusan Program Studi
a. Profesi Utama
- Pengetahuan
1) Mampu menguasai konsep-konsep kehumasan secara integratif
2) Mampu menguasai konsep-konsep periklanan secara integratif
- Sikap
1) Apresiatif terhadap konsep-konsep kehumasan secara integratif
2) Apresiatif terhadap konsep-konsep periklanan secara integratif
- Keterampilan
1) Terampil mengaplikasikan teori-teori kehumasan secara integrtif
2) Terampil mengaplikasikan teori-teori periklanan secara integrtif
b. Profesi Tambahan
- Pengetahuan
1) Mampu merancang sebuah kegiatan humas yang menarik dan baik
2) Mampu merancang sebuah iklan yang menarik dan baik
- Sikap
1) Memiliki sikap positif terhadap profesi humas
2) Memiliki sikap positif terhadap bidang periklanan
- Keterampilan
1) Terampil dalam mengaplikasikan teori kehumasan
2) Terampil dalam mengaplikasikan teori periklanan
2. Kompetensi Dasar Program Studi
a. Profesi Utama
- Pengetahuan
1) Mampu mengidentifikasi konsep-konsep kehumasan, pemasaran, dan periklanan
2) Mampu menganalisis konsep-konsep kehumasan, pemasaran, dan periklanan
3) Mampu menunjukkan konsep-konsep kehumasan, pemasaran, dan periklanan
4) Mampu mengabstraksikan konsep-konsep kehumasan, pemasaran, dan periklanan
- Sikap
1) Memiliki sikap positif dalam menyelesaikan masalah kehumasan
2) Mampu menghayati masalah-masalah dalam bidang kehumasan
3) Memiliki semangat dan kemauan dalam mengelola masalah-masalah komunikasi
4) Mampu memodifikasi konsep-konsep kebijakan komunikasi
- Keterampilan
1) Terampil dalam mengidentifikasi masalah-masalah kehumasan
2) Terampil merancang strategi humas yang efektif
3) Terampil dalam menghubungkan konsep manajemen dan kebijakan komunikasi
4) Mampu mendesain rencana pengelolaan dan kebijakan komunikasi
b. Profesi Tambahan
- Pengetahuan
1) Memahami materi kehumasan sebagai profesi yang penting di perusahaan dalam kaitan untuk membentuk citra yang positif.
2) Mampu mempergunakan fungsi-fungsi humas dalam pekerjaaannya dalam mendukung setiap kegiatan humas
3) Mampu memahami materi iklan sebagai alat pemasaran, dan memahami dampak iklan dalam masyarakat
4) Mengguanakan materi iklan sebagai alat pemasaran
- Sikap
1) Mampu menampilkan kegiatan kehumasan sebagai salah satu alat pemasaran
2) Mampu mengelola teori-teori kehumasan untuk merancang strategi pemasaran yang terintegrasi
3) Mampu menampilkan iklan sebagai alat pamasaran
4) Mampu mengelola teori-teori periklanan untuk merancang iklan yang efektif
- Keterampilan
1) Terampil dalam menyusun kegiatan-kegiatan kehumasan
2) Mampu membuat macam-macam kegiatan dalam rangka mendukung kerja humas untuk kepentingan perusahaan
3) Terampil menyusun iklan sesuai kebutuhan
4) Mampu membuat variasi iklan sesuai kebutuhan masyarakat
3. Indikator Kompetensi Program Studi
a. Profesi Utama
- Pengetahuan
1) Mampu menjelaskan secara detail dan benar konsep-konsep kehumasan
2) Mampu menjelaskan secara detail dan benar konsep-konsep periklanan
- Sikap
1) Bersikap positif terhadap bidang kehumasan
2) Mampu memilih konsep-konsep periklanan dalam membuat suatu iklan
- Keterampilan
1) Mampu menganalisis program kehumasan
2) Mampu mengkoordinasikan teori-teori pendukung kehumasan
3) Mampu menerapkan teori-teori perikalanan dalam membuat suatu iklan
b. Profesi Tambahan
- Pengetahuan
1) Mampu menggunakan materi kehumasan untuk mensosialisasikan suatu program
2) Mampu mengidentifikasikan konsep-konsep periklanan
- Sikap
1) Mampu mengubah citra lembaga kearah yang lebih positif
2) Mampu mengintegrasikan konsep-konsep periklanan dalam pembuatan iklan
- Keterampilan
1) Terampil merancang strategi kegiatan humas yang baik
2) Terampil dalam merancang iklan yang baik